Contoh Tulisan Berjalan

PAGUYUBAN SENTONO DALEM PERDIKAN MAJAN TULUNGAGUNG

Sabtu, 23 Agustus 2014

silsilah Kyai Ageng Raden KHASAN MIMBAR ( BABAT PERDIKAN MAJAN )





Sejarah Singkat Almaghfurulah Kyai Ageng Raden Khasan Mimbar
Menurut Keluarga K. A. R. Khasan Mimbar, Majan

Sekitar abad ke 16-17 m, menurut catatan sejarah kabupaten Tulungagung bernama kadipaten ngrowo, dimana dalam hal agama penduduknya sudah banyak yang memeluk agama islam. sayangnya ke-islam-an mereka masih bercampur dengan tradisi hindu, terutama tampak dalam hal adat-istiadat yang dilaksanakan sehari-hari. misalnya tradisi kenduri, sesajen, penghormatan terhadap arwah, pernikahan dan upacara-upacara adat lainnya. hal tersebut menjadikan sulit memisahkan asal tradisi, antara ajaran islam dengan hindu. oleh karena itu, para ulama dalam menyebarkan islam membutuhkan waktu yang cukup lama dan kesabaran, keuletan serta kreatifitas dalam menciptakan tradisi baru. 
Dalam kondisi masyarakat seperti itu, muncul seorang tokoh bernama Kyai Ageng Raden Khasan Mimbar . Kyai Ageng Raden Khasan Mimbar merupakan putra dari Kyai Ageng Derpoyudo, Kyai Ageng Derpoyudo merupakan putra dari Kyai Ageng Wiroyudo, Kyai Ageng Wiroyudo merupakan  putra dari Raden Tumenggung Sontoyudo II, Raden Tumenggung Sontoyudo II merupakan putra dari Raden Tumenggung Sontoyudo I, Raden Tumenggung Sontoyudo I merupakan putra dari Raden Mas Ayu Sigit, Raden Mas Ayu Sigit merupakan putra dari Kanjeng Ratu Mas Sekar, Kanjeng Ratu Mas Sekar merupakan putra dari sampean dalem ingkang sinuhun Kanjeng Susuhan Hadi Prabu Hanyokrowati ing Mataram raja ke-II, sampean dalem ingkang sinuhun kanjeng susuhan Hadi Prabu Hanyokrowati ing Mataram raja ke-ii merupakan putra dari  panembahan senopati alias danan sutwijoyo alias raden ngabehi loring pasar raja ke-I kerajaan mataram. Kyai Ageng Raden Khasan Mimbar yang mendapat tugas dari Adipati Ngrowo I, kyai ngabehi mangundirono atas nama kerajaan mataram , untuk menegakkan syari’at islam di kadipaten ngrowo. beliau ditunjuk untuk menyampaikan agama islam di kadipaten ngrowo oleh Ratu Mataram, yaitu Pakubuwono II. tugas tersebut dibuktikan dengan surat layang kekancingan tertanggal ahad 16 rabi’ul akhir tahun 1652 jw, atau jika dikonversi ke tahun masehi menjadi 16 rabiul akhir 1727 masehi. Kekancingan tersebut Berbunyi “ Asesalih Ingsun Ingsiro Dimas Khasan Mimbar ing angatrepaken hukum nikah ing wong wadon kang duwe wali  lan kang ora duwe wali, lan ing talak lan ing faasah lan ing dhikar lan ing li’an, lan ing ila’ lan ing nata, lan ing nikah, lan ing aqidah, lan ing ruju’ lan ing khulu’, lan ing ngiwadl, lan ing ngakawin lan ing ……., lan ing kene, lan ing zakat, lan ing fitrah, lan ing waris, lan ing ta’zir kang metu sangka perkoro kang wus kasebut ngarep iku mau kabeh. Amatrepake hukum ing wong kang ono ing bumi desa kang podo kerah ing adiku mas khasan mimbar kabeh “ sehingga Kyai Ageng Raden khasan mimbar diberi hadiah berupa tanah perdikan majan dan diberi wewenang atas pemerintahan perdikan majan yakni mengadakan pernikahan sendiri, memegang hukum waris, memegang pemerintahan atas hukum dan melaksanakan ajaran agama islam, setelah kyai ageng raden khasan mimbar wafat, kepemimpinan perdikan majan dilanjutkan oleh keturunanya secara turun-temurun. perdikan majan  juga diketahui keberadaanya oleh pemerintah belanda dan pada tahun 1912 pemerintah belanda tetap membebaskan  perdikan majan itu dari kewajiban membayar  pajak. setelah indonesia merdeka, status perdikan majan masih sebagai salah satu wilayah perdikan ( sistem kerajaan tanpa ikut negara ), perdikan majan dihapus pada tahun 1979. kyai ageng raden khasan mimbar adalah seorang ulama besar dan tokoh sentral di tulungagung yang mampu menyiarkan syariat –syariat  islam di kabupaten ngrowo pada abad ke 16-17 m.sehingga jasa jasa kyai ageng raden khasan mimbar sangat dirasakan oleh warga tulungagung khususnya. dalam ranah mengingat jasa jasa dan peran kyai ageng raden khasan mimbar sehingga kita mampu meneruskan perjuanganya dan mengingat jasa jasanya. salah satunya diaktualisasikan melalui kegiatan haul. haul merupakan sebuah tradisi yang dilakukan untuk memperingati meninggalnya seorang ulama yang bertujuan untuk meneladani ketokohan ulama tersebut.

11 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Gambar silsilah yang warna kuning itu artinya apa?

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah....nderek bingah sederek tulungagung...kulo nggih alur R.t sonto yudo 2...nanging nyi adjeng datuk sleman ...suwun

    BalasHapus
  4. Apakah ada sumber tertulisnya pak mengenai penetapan daerah Majan sebagai desa perdikan? Kalau ada bolehkah saya foto buat sumber referensi di tugas kuliah saya

    BalasHapus
  5. Di silsilah khususnya turun dari R. Tafsir kok belum tertulis ya buyut putri saya Rr Siti Fatimah dulu tempat tinggal di Ngebruk Sb Pucung Malang sewaktu masih hidup nenek saya ( putri Rr Fatimah sering dikunjungi oleh eyang Rr.Tenong yg beliau ini nenek R. Yasin matur nuwun 🙏

    BalasHapus
  6. Jadi sistem kerajaan majan tulungagung sudah gak ada sekarang?

    BalasHapus
  7. Ada update silsilah keluarga sdh ada lagi dg ijin Sentono dalem Majan

    BalasHapus
  8. Kok putra/anak turunnya mbh Hasan mimbar yg bernama su'aib belum tertulis tas?

    BalasHapus
  9. Kok putra/anak turunnya mbh Hasan mimbar yg bernama su'aib belum tertulis yaa?

    BalasHapus
  10. Nyuwun sewu bade tanglet makam eyang Solaeman yg di makam sentono itu msih ada trahnya embah yai hasan mimbar kah minta petunjuknya..

    BalasHapus
  11. Apakah ada silsilah keturunan KH Khasan mimbar, amergi kakek buyut saya KH Yusuf juga berasal dr majan

    BalasHapus