Sejarah Singkat Almaghfurulah Kyai Ageng Raden Khasan Mimbar
Menurut
Keluarga K. A. R. Khasan Mimbar, Majan
Sekitar abad ke 16-17 m, menurut catatan
sejarah kabupaten Tulungagung bernama kadipaten ngrowo, dimana dalam hal agama
penduduknya sudah banyak yang memeluk agama islam. sayangnya ke-islam-an mereka
masih bercampur dengan tradisi hindu, terutama tampak dalam hal adat-istiadat
yang dilaksanakan sehari-hari. misalnya tradisi kenduri, sesajen, penghormatan
terhadap arwah, pernikahan dan upacara-upacara adat lainnya. hal tersebut
menjadikan sulit memisahkan asal tradisi, antara ajaran islam dengan hindu.
oleh karena itu, para ulama dalam menyebarkan islam membutuhkan waktu yang
cukup lama dan kesabaran, keuletan serta kreatifitas dalam menciptakan tradisi
baru.
Dalam kondisi masyarakat seperti itu, muncul
seorang tokoh bernama Kyai Ageng Raden Khasan Mimbar . Kyai Ageng Raden Khasan
Mimbar merupakan putra dari Kyai Ageng Derpoyudo, Kyai Ageng Derpoyudo
merupakan putra dari Kyai Ageng Wiroyudo, Kyai Ageng Wiroyudo merupakan putra dari Raden Tumenggung Sontoyudo II,
Raden Tumenggung Sontoyudo II merupakan putra dari Raden Tumenggung Sontoyudo
I, Raden Tumenggung Sontoyudo I merupakan putra dari Raden Mas Ayu Sigit, Raden
Mas Ayu Sigit merupakan putra dari Kanjeng Ratu Mas Sekar, Kanjeng Ratu Mas
Sekar merupakan putra dari sampean dalem ingkang sinuhun Kanjeng Susuhan Hadi Prabu Hanyokrowati
ing Mataram raja ke-II, sampean dalem ingkang sinuhun
kanjeng susuhan Hadi Prabu Hanyokrowati ing Mataram raja ke-ii merupakan putra dari panembahan senopati alias danan
sutwijoyo alias raden ngabehi loring pasar raja ke-I kerajaan mataram. Kyai Ageng Raden Khasan
Mimbar yang mendapat tugas dari Adipati Ngrowo I, kyai ngabehi
mangundirono atas nama kerajaan mataram , untuk menegakkan syari’at islam di
kadipaten ngrowo. beliau ditunjuk untuk menyampaikan agama islam di kadipaten
ngrowo oleh Ratu Mataram, yaitu Pakubuwono II. tugas tersebut dibuktikan dengan
surat layang kekancingan tertanggal ahad 16 rabi’ul akhir tahun 1652 jw, atau
jika dikonversi ke tahun masehi menjadi 16 rabiul akhir 1727 masehi. Kekancingan
tersebut Berbunyi “ Asesalih Ingsun Ingsiro Dimas Khasan
Mimbar ing angatrepaken hukum nikah ing wong wadon kang duwe wali lan kang ora duwe wali, lan ing talak lan ing
faasah lan ing dhikar lan ing li’an, lan ing ila’ lan ing nata, lan ing nikah,
lan ing aqidah, lan ing ruju’ lan ing khulu’, lan ing ngiwadl, lan ing ngakawin
lan ing ……., lan ing kene, lan ing zakat, lan ing fitrah, lan ing waris, lan
ing ta’zir kang metu sangka perkoro kang wus kasebut ngarep iku mau kabeh.
Amatrepake hukum ing wong kang ono ing bumi desa kang podo kerah ing adiku mas
khasan mimbar kabeh “ sehingga Kyai Ageng
Raden khasan mimbar diberi hadiah berupa tanah perdikan majan dan diberi
wewenang atas pemerintahan perdikan majan yakni mengadakan pernikahan sendiri,
memegang hukum waris, memegang pemerintahan atas hukum dan melaksanakan ajaran
agama islam, setelah kyai ageng raden khasan mimbar wafat, kepemimpinan
perdikan majan dilanjutkan oleh keturunanya secara turun-temurun. perdikan
majan juga diketahui keberadaanya oleh
pemerintah belanda dan pada tahun 1912 pemerintah belanda tetap
membebaskan perdikan majan itu dari
kewajiban membayar pajak. setelah indonesia merdeka, status perdikan
majan masih sebagai salah satu wilayah perdikan ( sistem kerajaan tanpa ikut negara
), perdikan majan dihapus pada tahun 1979. kyai ageng raden khasan mimbar
adalah seorang ulama besar dan tokoh sentral di tulungagung yang mampu
menyiarkan syariat –syariat islam di
kabupaten ngrowo pada abad ke 16-17 m.sehingga jasa jasa kyai ageng raden
khasan mimbar sangat dirasakan oleh warga tulungagung khususnya. dalam ranah
mengingat jasa jasa dan peran kyai ageng raden khasan mimbar sehingga kita
mampu meneruskan perjuanganya dan mengingat jasa jasanya. salah satunya
diaktualisasikan melalui kegiatan haul. haul merupakan sebuah tradisi yang
dilakukan untuk memperingati meninggalnya seorang ulama yang bertujuan untuk
meneladani ketokohan ulama tersebut.